JENIS DAN KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
A.
Ragam dan Klasifikasi Media
Berikut
karakteristik dari media menurut Kemp (1986) yaitu:
1.
Faktor
presentasi
2.
Faktor
ukuran (size)
3.
Faktor
warna (color)
4.
Faktor
gerak-diam atau bergerak
5.
Faktor bahasa
6.
Faktor
keterkaitan antara gambar dan suara
Kemp dan Dayton (1985) mengemukakan
klasifikasi jenis media sebagai berikut:
(1) media cetak
(2) media yang dipamerkan (displayed media)
(3) overhead trans- parency (OHP)
(4) rekaman suara
(5) slide suara dan film strip
(6) presentasi multi gambar
(7) video dan film
(8) pembelajaran berbasis komputer (computer based instruction).
Heinich dan kawan-kawan (2005) mengemukakan beberapa jenis media
pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, instruktur, dan perancang ptogram
pembelajaran yaitu:
(1) Media cetak/teks
Media cetak
dipandang sebagai jenis media yang relatif murah dan sangat fleksibel
penggunaannya. Media cetak atau teks memiliki ragam yang bervariasi yang
meliputi: buku, brosur, leaflet, dan hand out.
a)
Gambar
Gambar yang dipergunakan
untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan informasi dapat berbentuk sketsa yang
berisi garis-garis yang membentuk dan mencitrakan orang, tempat, objek dan
konsep tertentu
Contoh
gambar
b)
Diagram
Diagram
biasanya digunakan untuk memperlihatkan adanya
hubungan dan keterkaitan antara konsep yang satu dengan konsep yang
lain. Diagram juga dapat digunakan untuk menggambarkan suatu proses atau urutan
kejadian dan herarki.
Contoh
diagram
c)
Poster
Poster
merupakan konsep visual yang terdiri dari kombinasi antara garis, warna dan
kata-kata (teks). Medium poster ditujukan untuk menangkap dan
mempertahankan perhatian orang (eye cathing) agar mereka dapat memahami
pesan yang terdapat di dalamnya.
Contoh poster
(2) Media pameran/display
Media pameran
atau display media digunakan sebagai sarana informasi dan pengetahuan
yang menarik bagi penggunanya. Sama halnya seperti media cetak, jenis media
pembelajaran ini juga bervariasi mulai dari benda sesunguhnya (real object)
sampai kepada benda tiruan atau replica dan model.
a)
Realia
Realia adalah
benda asli atau orisinal yang digunakan sebagai medium untuk memperoleh suatu informasi.
Contoh
realia
b)
Model
Model dapat
diartikan sebagai benda-benda pengganti yang fungsinya ditujukan untuk
menggantikan benda sebenarnya.
Contoh
model
c)
Diorama
Diorama adalah
sebuah pameran statis atau diam yang didesain untuk menyampaikan informasi
tentang kejadian nyata yang terjadi di masa lalu atau sekarang atau
menggambarkan masa depan dalam bentuk tiga dimensi.
Contoh
diorama
(3) Media audio
(4) Gambar bergerak/motion pictures
Gambar bergerak atau motion pictures merupakan jenis media
yang mampu memperlihatkan gambar bergerak yang terintegrasi dengan unsur suara.
Contoh jenis media ini yaitu film dan video.
(5) Multimedia
Multimedia
merupakan produk dari kemajuan teknologi digital. Multimedia dapat menampilkan
pesan dan pengetahuan dalam bentuk gabungan atau kombinasi antara beberapa
unsur seperti: teks, audio, grafis, video, dan animasi secara simultan.
(6) Media berbasis web atau internet
Sebagai pengguna komputer, kita dapat berkomunikasi dengan jaringan
komputer yang berada di belahan dunia lain. Selain untuk melakukan komunikasi
antar jaringan, kita juga dapat mencari dan menemukan beragam informasi dan
pengetahuan yang kita perlukan dari berbagai situs jaringan (website).
(7)
Media Tradisional dan Konvensional
Media
pembelajaran dapat digolongkan menjadi media tradisional dan media digital.
Media tradisional dalam konteks ini adalah ragam media yang digunakan dengan
tanpa dukungan perangkat elektronik atau komputer. Sedangkan media digital
adalah ragam media yang penggunaanya harus didukung oleh perangkat komputer. Revolusi
teknologi komputer yang demikian pesat telah membuat ukuran perangkat digital
ini menjadi semakin kecil. Perangkat komputer yang pada masa lalu hanya dapat
dioperasikan di suatu tempat sebagai work station, kini telah berubah menjadi
perangkat yang lebih ringkas dan mudah dibawa (portable). Berikut
perbedaan antara pembelajaran konvensional dan pembelajaran masa depan:
a)
Pembelajaran
konvensional
• Bersiat mekanis
• Berdasarkan standar,
• Menggunakan kendali atau kontrol eksternal
• Cenderung behavioristik
b)
Pembelajaran
masa depan
• Siswa berperan serta secara total
• Penekanan pada kerjasama (collaborative)
• Penggunaan metode bervariasi
• Penggunaan motivasi instrinsik
• Ada unsur kesenangan dalam kegiatan belajar
• Pengintegrasian kegiatan belajar dengan seluruh aspek kehidupan
Sumber: Pustekkom 2013
Komentar
Posting Komentar