JENIS DAN KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN


 

 

A.  Ragam dan Klasifikasi Media

Berikut karakteristik dari media menurut Kemp (1986) yaitu:

1.         Faktor presentasi

2.         Faktor ukuran (size)

3.         Faktor warna (color)

4.         Faktor gerak-diam atau bergerak

5.         Faktor bahasa

6.         Faktor keterkaitan antara gambar dan suara

 

Kemp dan Dayton (1985) mengemukakan  klasifikasi jenis media sebagai berikut:

(1) media cetak

(2) media yang dipamerkan (displayed media)

(3) overhead trans- parency (OHP)

(4) rekaman suara

(5) slide suara dan film strip

(6) presentasi multi gambar

(7) video dan film

(8) pembelajaran berbasis komputer (computer based instruction).

 

Heinich dan kawan-kawan (2005) mengemukakan beberapa jenis media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, instruktur, dan perancang ptogram pembelajaran yaitu:

(1)   Media cetak/teks

Media cetak dipandang sebagai jenis media yang relatif murah dan sangat fleksibel penggunaannya. Media cetak atau teks memiliki ragam yang bervariasi yang meliputi: buku, brosur, leaflet, dan hand out.

a)    Gambar

Gambar yang dipergunakan untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan informasi dapat berbentuk sketsa yang berisi garis-garis yang membentuk dan mencitrakan orang, tempat, objek dan konsep tertentu


Contoh gambar

 

b)   Diagram

Diagram biasanya digunakan untuk memperlihatkan adanya   hubungan dan keterkaitan antara konsep yang satu dengan konsep yang lain. Diagram juga dapat digunakan untuk menggambarkan suatu proses atau urutan kejadian dan herarki.


Contoh diagram

c)    Poster

Poster merupakan konsep visual yang terdiri dari kombinasi antara garis, warna dan kata-kata (teks). Medium poster ditujukan untuk menangkap dan mempertahankan perhatian orang (eye cathing) agar mereka dapat memahami pesan yang terdapat di dalamnya.


Contoh poster

 

(2)   Media pameran/display

Media pameran atau display media digunakan sebagai sarana informasi dan pengetahuan yang menarik bagi penggunanya. Sama halnya seperti media cetak, jenis media pembelajaran ini juga bervariasi mulai dari benda sesunguhnya (real object) sampai kepada benda tiruan atau replica dan model.

a)    Realia

Realia adalah benda asli atau orisinal yang digunakan sebagai   medium untuk memperoleh suatu informasi.


Contoh realia

b)   Model

Model dapat diartikan sebagai benda-benda pengganti yang fungsinya ditujukan untuk menggantikan benda sebenarnya.


Contoh model

c)    Diorama

Diorama adalah sebuah pameran statis atau diam yang didesain untuk menyampaikan informasi tentang kejadian nyata yang terjadi di masa lalu atau sekarang atau menggambarkan masa depan dalam bentuk tiga dimensi.


Contoh diorama

 

(3) Media audio

(4) Gambar bergerak/motion pictures

Gambar bergerak atau motion pictures merupakan jenis media yang mampu memperlihatkan gambar bergerak yang terintegrasi dengan unsur suara. Contoh jenis media ini yaitu film dan video.


 

(5) Multimedia

Multimedia merupakan produk dari kemajuan teknologi digital. Multimedia dapat menampilkan pesan dan pengetahuan dalam bentuk gabungan atau kombinasi antara beberapa unsur seperti: teks, audio, grafis, video, dan animasi secara simultan.


(6) Media berbasis web atau internet

Sebagai pengguna komputer, kita dapat berkomunikasi dengan jaringan komputer yang berada di belahan dunia lain. Selain untuk melakukan komunikasi antar jaringan, kita juga dapat mencari dan menemukan beragam informasi dan pengetahuan yang kita perlukan dari berbagai situs jaringan (website).


 

(7)  Media Tradisional dan Konvensional

Media pembelajaran dapat digolongkan menjadi media tradisional dan media digital. Media tradisional dalam konteks ini adalah ragam media yang digunakan dengan tanpa dukungan perangkat elektronik atau komputer. Sedangkan media digital adalah ragam media yang penggunaanya harus didukung oleh perangkat komputer. Revolusi teknologi komputer yang demikian pesat telah membuat ukuran perangkat digital ini menjadi semakin kecil. Perangkat komputer yang pada masa lalu hanya dapat dioperasikan di suatu tempat sebagai work station, kini telah berubah menjadi perangkat yang lebih ringkas dan mudah dibawa (portable). Berikut perbedaan antara pembelajaran konvensional dan pembelajaran masa depan:

a)    Pembelajaran konvensional

     Bersiat mekanis

     Berdasarkan standar,

     Menggunakan kendali atau kontrol eksternal

     Cenderung behavioristik

b)   Pembelajaran masa depan

     Siswa berperan serta secara total

     Penekanan pada kerjasama (collaborative)

     Penggunaan metode bervariasi

     Penggunaan motivasi instrinsik

     Ada unsur kesenangan dalam kegiatan belajar

     Pengintegrasian kegiatan belajar dengan seluruh aspek kehidupan

 

 

Sumber: Pustekkom 2013   

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Poster Ilmiah: Apa dan Bagaimana?

Hukum Termodinamika dalam Biologi