LEMBARAN KEGIATAN SISWA ( LKS )



Judul : Besaran dan satuan
Kelas/ Semester : X/ I
Alokasi waktu : 2 x 45 mnt
Metode : Diskusi
Tempat : Ruang Kelas

I .Petunjuk belajar:
a. Baca secara cermat petunjuk sebelum melakukan kegiatan
b. Baca buku-buku fisika SMA Kelas X yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman anda.
c. Tanyakan pada pembimbing jika ada hal-hal yang kurang jelas

II. Kompetensi yang akan dicapai :
Membedakan besaran pokok dengan besaran turunan beserta satuannya

III. Indikator :
Mendata besaran-besaran fisika yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari

IV. Alat / Sumber :
- Buku Fisika Kelas X

V. Informasi pendukung :
ü Sistem satuan yang digunakan pada umumnya adalah sistem metrik yang dikenal sebagai meter, kilogram, dan sekon ( yang disingkat MKS ) dan sistem Inggris yang dikenal sebagai foot, pound, dan second( yang disingkat FPS ).
ü Ketetapan Sistem Internasional meliputi :
o   Terdapat sekelompok besaran yang dinamakan besaran pokok dan satuannya ditetapkan lebih dahulu
o   Untuk menyatakan besar atau kecilnya suatu besaran maka pada satuan dari besaran tersebut diberikan awalan prefik
o   Besaran-besaran yang tidak termasuk besaran pokok disebut besaran turunan.

VI. Kegiatan :
       Data besaran-besaran yang sudah anda kenal dalam kehidupan sehari-hari
Tuliskan besaran dan satuannya kedalam tabel I
Dari data yang ada pada tabel I, bedakan mana yang termasuk besaran pokok dan mana besaran turunan kemudian isi kedalam tabel II.

TABEL I.
No
Nama Besaran
Nama Satuan
1
2
3
4
5
6
7
8
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
……………..
…………….
…………….
……………
…………….
…………….
…………….
…………….





TABEL II.
No
Besaran Pokok
Besaran Turunan
1
2
3
4
5
6
7
………………..
……………….
……………….
……………….
……………….
……………….
……………….
…………………….
…………………….
…………………….
…………………….
……………………
…………………….
……………………




VII. Penilaian
A. Ranah Kognitif
Tuliskan satuan dari besaran-besaran turunan di bawah ini!
a. Luas = panjang x lebar
b. Gaya = massa x percepatan
e. Usaha = gaya x perpindahan
f. Momentum = massa x kecepatan
B. Ranah Afektif
No
Aspek yg dinilai
Skor
Keterangan
1
Kehadiran di kelas

4 = sangat baik
3 = baik
2 = kurang baik
1 = tidak baik
2
Ketepatan. Waktu mengumpulkan tugas

3
Kelengkapan buku

4
Partisipasi dlm kelompok

5
Kerapian laporan

6
Etika dalam menyampaikan pendapat


Jumlah Skor






Tgl .pelaksanaan
Catatan Guru
Paraf


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Poster Ilmiah: Apa dan Bagaimana?

Hukum Termodinamika dalam Biologi