LEMBARAN KEGIATAN SISWA ( LKS )
Judul : Besaran dan satuan
Kelas/ Semester : X/ I
Alokasi waktu : 2 x 45 mnt
Metode : Diskusi
Tempat : Ruang Kelas
I .Petunjuk belajar:
a. Baca secara cermat petunjuk sebelum melakukan kegiatan
b. Baca buku-buku fisika SMA Kelas X yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman anda.
c. Tanyakan pada pembimbing jika ada hal-hal yang kurang jelas
II. Kompetensi yang akan dicapai :
Membedakan besaran pokok dengan besaran turunan beserta satuannya
III. Indikator :
Mendata besaran-besaran fisika yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
IV. Alat / Sumber :
- Buku Fisika Kelas X
V. Informasi pendukung :
ü Sistem satuan yang digunakan pada umumnya adalah sistem metrik yang dikenal sebagai meter, kilogram, dan sekon ( yang disingkat MKS ) dan sistem Inggris yang dikenal sebagai foot, pound, dan second( yang disingkat FPS ).
ü Ketetapan Sistem Internasional meliputi :
o Terdapat sekelompok besaran yang dinamakan besaran pokok dan satuannya ditetapkan lebih dahulu
o Untuk menyatakan besar atau kecilnya suatu besaran maka pada satuan dari besaran tersebut diberikan awalan prefik
o Besaran-besaran yang tidak termasuk besaran pokok disebut besaran turunan.
VI. Kegiatan :
Data besaran-besaran yang sudah anda kenal dalam kehidupan sehari-hari
Tuliskan besaran dan satuannya kedalam tabel I
Dari data yang ada pada tabel I, bedakan mana yang termasuk besaran pokok dan mana besaran turunan kemudian isi kedalam tabel II.
TABEL I.
No
|
Nama Besaran
|
Nama Satuan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
|
……………..
…………….
…………….
……………
…………….
…………….
…………….
…………….
|
TABEL II.
No
|
Besaran Pokok
|
Besaran Turunan
|
1
2
3
4
5
6
7
|
………………..
……………….
……………….
……………….
……………….
……………….
……………….
|
…………………….
…………………….
…………………….
…………………….
……………………
…………………….
……………………
|
VII. Penilaian
A. Ranah Kognitif
Tuliskan satuan dari besaran-besaran turunan di bawah ini!
a. Luas = panjang x lebar
b. Gaya = massa x percepatan
e. Usaha = gaya x perpindahan
f. Momentum = massa x kecepatan
B. Ranah Afektif
No
|
Aspek yg dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
Kehadiran di kelas
|
4 = sangat baik
3 = baik
2 = kurang baik
1 = tidak baik
| |
2
|
Ketepatan. Waktu mengumpulkan tugas
| ||
3
|
Kelengkapan buku
| ||
4
|
Partisipasi dlm kelompok
| ||
5
|
Kerapian laporan
| ||
6
|
Etika dalam menyampaikan pendapat
| ||
Jumlah Skor
| |||
Tgl .pelaksanaan
|
Catatan Guru
|
Paraf
|
Komentar
Posting Komentar