Cewek Nggak Boleh Duduk Sampe 6 Jam


            Cewek kalo udah nonton tv, biasanya suka lupa. Apalagi kalo yang dilihat tayangan yang asik. Wah, lupa sama acara lain. Begitu juga kalo udah ngenet di spot-spot yang ada free wi-fi nya. Itu juga bikin lupa daratan. Berasa di laut terus deh. Kalo udah begini, kudu tau nih. Karena duduk santai lebih dari enam jam sehari, bahayanya cukup mematikan. Parahnya, nggak pengaruh biarpun tu cewek suka olah raga.
            Peneliti America Cancer Society nemuin bahwa cewek, khususnya yang duduk lebih dari enam jam sehari untuk melakukan nonton tv, ngenet dan membaca ternyata bisa memiliki tinggkat kematian lebih tinggi. Malah katanya nih, antara durasi duduk dan kegemukan diabetes tipe 2 (penyakit kardiovaskular dan diet nggak sehat) saling berhubungan.
            Mereka (peneliti) menemukan kalo seorang cewek duduk lebih dari enam jam sehari selama waktu senggang, 37 persennya punya kecenderungan meninggal selama periode penelitian, dibandingkan mereka yang duduknya kurang dari tiga jam sehari. Hasil nggak beda, ketika cewek juga ngelakuin aktifitas fisik dalam kesehariannya. Nah, apalagi kebanyakan duduk terus nggak ada aktifitas berolahraga sama sekali. Kecenderungannya lebih gede lagi. Lebih dari 94 persen!
           Menurut peneliti, durasi duduk lama punya konsekuensi metabolic penting yang mempengaruhi banyak hal. Misalkan kolesterol dan tekanan darah, obesitas, kardiovaskular dan penyakit kronis lainnya meningkat. So, pesan layanan masyarakat untuk berolahraga atau melakukan aktifitas fisik penting banget. Dibanding ngelihat gossip yang nggak penting di depan tv. Karena dengan seringnya kita berjalan, berdiri dan berlari secara teratur, bisa mencapai tingkat optimal dari aktifitas fisik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Poster Ilmiah: Apa dan Bagaimana?

Hukum Termodinamika dalam Biologi